News Update

FKG Unmas Teken Kerja Sama dengan Universitas Showa Tokyo

Posted at December 1, 2013 | By : | Categories : News Update | 0 Comment

01 Desember 2013 | BP

KINI semua jajaran di Universitas Mahasaraswati menjabarkan program go internasionalnya. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unmas Denpasar, Sabtu (30/11) kemarin, meneken naskah kerja sama dengan School of Dentistry Showa, Tokyo Jepang.

Naskah kerja sama diteken Dekan FKG Unmas, drg. Putu Ayu Mahendri K., M.Kes. dan Dekan School of Dentistry Showa University, Prof. Takashi Miyazaki, DDS., Ph.D. Program kerja sama internasional ini juga disaksikan Rektor Unmas diwakili WR IV Dr. Ni Nyoman Utari Vipriyanti, M.Si. dari Dentomaxillofacial Radiology, Prof. Tomohiro Okano, DDS., Ph.D., WR I Unmas, Dr. A.A. Putu Agung, M.Si., para dekan, staf dosen FKG, manajemen RSGM FKG Unmas Denpasar, Gugus Penjaminan Mutu FKG Unmas, tim kerja sama FKG Unmas dan para kepala bagian di lingkungan FKG Unmas.

Dekan FKG Mahendri menjelaskan, kerja sama ini dirintis sejak akhir tahun 2012, dengan kegiatan pertama yaitu dengan diberikannya kesempatan kepada salah satu staf dosen FKG Unmas dari bagian Radiologi Dental FKG Unmas mengikuti program penelitian tentang CBCT yaitu teknologi 3D di Dentomaxillofacial Department, School of Dentistry Showa University Tokyo, selama 6 bulan di Jepang. Hal ini dilanjutkan saling mengunjungi antara kedua institusi.

Rektor Unmas Denpasar beserta rombongan berkunjung ke Showa University, Februari lalu. Sabtu kemarin pihak Showa University berkunjung ke FKG Unmas Denpasar. Selain meneken kerja sama, pihak Showa juga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan selanjutnya bersama-sama ke Bandung untuk mempresentasikan karya ilmiah dalam suatu event ilmiah Radiologi Kedokteran Gigi.

Dekan Mahendri didampingi para wakil dekan drg. Dwis Syahriel, M.Kes., Sp.Perio., drg. Putu Rusmiany, M.Biomed., drg. I Gede Budijana, Sp.Ort., Kapro Sarjana drg. Yanvaris Widagdo, M.Kes. dan Kapro Profesi drg. Tri Purnami Dewi R., M.Kes. menambahkan, dengan ditandatanganinya kerja sama ini akan dilanjutkan dengan pertukaran dosen, mahasiswa, peneliti, dan pertukaran informasi akademik serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi terkini. Dengan kerja sama ini dapat menunjang serta meningkatkan pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Fakultas Kedokteran Gigi Unmas Denpasar.

Prof. Takashi Miyazaki menyambut baik kerja sama ini untuk peningkatan akademik kedua belah pihak. Bahkan dia mengatakan kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan manusia. Makanya Takashi Miyazaki menilai kerja sama ini sangat penting menyongsong era global.

Dia menegaskan kita adalah bagian dari masyarakat global. Untuk itu diperlukan kerja sama dengan negara lain demi peradaban dunia.

Respons positif kerja sama ini juga diungkapkan WR IV Unmas, Dr. Ni Nyoman Utari Vipriyanti. Dia senang pihak Showa dan Unmas segera mengirim dosen dan mahasiswanya ke FKG Unmas dan Jepang. Kerja sama ini mempercepat tercapainya visi Unmas sebagai PTS unggulan. Namun dia tekankan kerja sama ini murni di bidang keilmuan, belum menyentuh budaya.