FKIP

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII C MTs NEGERI AMLAPURA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Posted at July 10, 2017 | By : | Categories : FKIP,P. Matematika,Skripsi | 0 Comment

OLEH : HALIMATUS SA’DIYAH

NPM.: 11.8.03.51.30.1.5.1658

PROGRAM STUDI MATEMATIKA

 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

2017

 

 

ABSTRAK

 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTs Negeri Amlapura, yaitu hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran matematika MTs N Amlapura. Rata-rata nilai yang dicapai siswa masih rendah. Berdasarkan hasil pengamatan kegiatan pembelajaran ditemukan permasalahan-permasalahan seperti siswa kurang mendapat kesempatan untuk berdiskusi dalam proses belajar, komunikasi terjadi satu arah, yaitu siswa hanya menerima apa yang diberikan guru serta melaksanakan apa yang diminta guru dan kurang diberikan tugas untuk dipecahkan sendiri. Untuk itu sangat diperlukan strategi mengajar yang tepat agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga berimplikasi pada meningkatnya prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dirasa sesuai adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas VII C MTs Negeri Amlapura tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas VII C MTs Negeri Amlapura tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD.Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan pestasi belajar siswa dalam pembelajaran keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas VII C MTs Negeri Amlapura tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian di MTs Negeri Amlapura dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII C semester II tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 30 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah: (1) data aktivitas siswa, yang dikumpulkan dengan teknik observasi,(2)data prestasi belajar siswa yang dikumpulkan dengan teknik tes, selanjutnya data dianalisis secara statistik deskrivtif.

Hasil peneltian mennjkkan bahwa rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar 11,15 dan 14,14 dengan kategori berturutturut, cukup aktif dan aktif. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa daya serap dan ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar: 62,87, 62,87% dan 83,33% dan 71,30, 71,30% dan 96,67%. Persentase peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar siswa, daya serap dan ketuntasan belajar dari nilai awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II berturut-turut sebesar: 13,41%, 13,41% dan 16,23%. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan keliling dan luas bangun datar pada siswa xvi kelas VII C MTs Negeri Amlapura tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan penelitian disampaikan saran (1) Bagi guru matematika MTs Negeri Amlapura disarankan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai alternatif lain dalam pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. (2) Diharapkan kepada peneliti lain dalam menerapkan pendekatan kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran mencoba memodifikasi pelaksanaan penelitian sehingga memperoleh hasil yang optimal.

 

Kata Kunci: Aktivitas belajar, Prestasi belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/247/FKIP MAT

Download PDF