Akutansi

PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PERUSAHAAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Posted at May 30, 2017 | By : | Categories : Akutansi | 0 Comment

NI WAYAN SUDIANI

1381033119409

AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MAHASARASWATI

DENPASAR

2017

 

ABSTRAK

Informasi akan bermanfaat apabila disajikan secara akurat dan tepat pada saat dibutuhkan oleh investor. Hal ini mencerminkan betapa pentingnya waktu penyampaian laporan keuangan kepada publik. Bapepam pasar modal mengeluarkan Peraturan X.K.2 dan didukung oleh Bapepam X.K.6 tertanggal 7 Desember 2006 yang menyatakan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit dikatakan tepat diserahkan sebelum atau paling lambat pada akhir bulan ketiga setelah laporan keuangan tahunan perusahaan publik tersebut. Namun berdasarkan catatandi BEI yang disampaikan dalam pengumuman No.Peng-LK-00056/VEI.PSJ/04/2014, masih terdapat 79 perusahaan yang belum menyampaikan laporan keuangan auditan Tahun 2014 hingga batas waktu yang telah ditentukan.

Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor internal dan eksternal perusahaan berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan pada perusahaan manufakturdi BEI. Adapun faktor internal perusahaan yang diteliti dalam penelitian ini antara lain: profitabilitas, solvabilitas, opini going concern, kepemilikan publik, sedangkan faktor eksternal perusahaan adalah reputasi KAP. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposave sampling dan diperoleh sebanyak 126 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hipotesis dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas (RAO) dan reputasi KAP (KAP) berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan (TIME). Sedangkan variabel solvabilitas (DAR), kepemilikan publik (OWN) dan opini going concern (GC) tidak berpengaruh secara signifikanterhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai faktor-faktoryang mempengaruhi ketepatan waktu penyamampaian laporan keuangan serta dapatdijadikan sebagai bahan referensi bagipeneliti yang akan melakukan penelitian lebih lanjut.

Kata Kunci: ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, solvabilitas, kepemilikan publik, opini going concern, dan reputasi KAP

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/961 AKUN

Download PDF