Akutansi

PENGARUH ASET, KEUNTUNGAN, LAMA USAHA, PERSEPSI TINGKAT BUNGA TERHADAP KEPUTUSAN UMKM MENGAMBIL KREDIT PERBANKAN ( Studi pada UMKM di Kabupaten Kota Denpasar )

Posted at May 30, 2017 | By : | Categories : Akutansi | 0 Comment

DEWI PUJI ASTUTIK

13810331190058

AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MAHASARASWATI

DENPASAR

2017

 

ABSTRAK

Salah satu masalah yang dihadapi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah kesulitan permodalan. Untuk mengatasi masalah ini, UMKM meminjam dari berbagai pihak salah satunya dari perbankan. Namun, UMKM masih kesulitan dalam mengakses dana dari pihak perbankan karena berbagai persyaratan yang tidak bisa terpenuhi. UMKM merupakan salah satu penguat perekonomian bangsa yang memiliki potensi pasar yang besar namun umumnya permodalan UMKM masih lemah sehingga diperlukan konsep permodalan untuk membantu UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris pengaruh pengaruh aset, keuntungan, lama usaha, persepsi tingkat suku bunga pada keputusan UMKM mengambil kredit perbankan Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11.905 UMKM di Kota Denpasar yang tersebar di empat kecamatan yakni : Denpasar Utara, Denpasar Timur, Denpasar Selatan, Denpasar Barat. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan simple random sampling (acak) yang berjumlah 100 responden pemilik UMKM. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan berpengaruh positif terhadap keputusan UMKM mengambil kredit perbankan, lama usaha berpengaruh positif terhadap keputusan UMKM mengambil kredit perbankan, dan persepsi tingkat suku bunga berpengaruh positif terhadap keputusan UMKM mengambil kredit perbankan. Sedangkan aset tidak berpengaruh terhadap keputusan UMKM mengambil kredit perbankan.

Kata kunci : Aset, Keuntungan, Lama Usaha, Tingkat Bunga, Kredit Perbankan

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/950 AKUN

Download PDF