Akutansi

PENGARUH MASA KERJA, JENIS KELAMIN, KECERDASAN INTELEKTUAL, IDEALISME DAN RELATIVISME TERHADAP KREATIVITAS AKUNTAN PUBLIK YANG TERDAPAT DI BALI

Posted at May 30, 2017 | By : | Categories : Akutansi | 0 Comment

NI PUTU TRISNAWATI

13810331190400

AKUNTANSI

 

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MAHASARASWATI

DENPASAR

2017

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor internal akuntan terhadap kreativitas. Akuntansi dianggap sebagai ilmu yang jauh dari kreativitas. Hal tersebut menyebabkan seseorang akuntan tercegah dari kemungkinan menjadi kreatif. Akuntan akan tertutup peluang dan kesempatan untuk menjadi kreatif. Penelitian ini menguji kembali pengaruh etika terhadap kreativitas akuntan yang pernah dilakukan oleh Bryant, dkk (2011) dan Nurcahyo (2012). Etika diukur menggunakan dimensi idealisme dan relativisme. Selain itu,penelitian ini juga menguji pengaruh masa kerja, jenis kelamin dan kecerdasaan intelektual terhadap kreativitas akuntan.

Populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja di KAP di Kota Denpasar. Sampel dari penelitian ini adalah auditor yang bekerja di KAP di Kota Denpasar dengan teknik pengambilan sampel melalui convenience sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masa kerja dan jenis kelamin tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas akuntan. Selain itu kecerdasaan intelektual dan idealisme berpengaruh negative secara signifikan terhadap kreativitas akuntan. Sedangkan relativismetidak berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas akuntan publik.

Kata kunci: masa kerja, jenis kelamin, kecerdasaan intelektual, etika, idealisme, relativisme, kreativitas, kreativitas akuntan.

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/947 AKUN

Download PDF