P. Bhs. & Sastra Indo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 BATURITI TABANAN TAHUN PELAJARAN 2015/20

Posted at March 18, 2017 | By : | Categories : P. Bhs. & Sastra Indo | 0 Comment

OLEH :

I MADE OKA SUGIADIANTARA

12.8.03.51.31.1.5.3125

 

PROGRAMĀ  STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

2016


ABSTRAK

Dari hasil pengamatan di kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan, ternyata kemampuan siswa dalam menganalisis paragraf argumentasi masih kurang. Hal ini didukung oleh hasil tes awal siswa yaitu rata-rata 4,88, sementara target yang ditetapkan adalah 7,50 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan di kelas VII B. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dipilih medel pembelajaran problem based learning.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis paragraf argumentasi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan Tahun Pelajaran 2015/2016?, dan (2) Bagaimanakah langkah-langkah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis paragraf argumentasi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti TabananTahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) Untuk mendapatkan data yang sebenar-benarnya, bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis paragraf argumentasi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan Tahun Pelajaran 2015/2016 , dan (2) untuk menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis paragraf argumentasi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun ruang lingkup dari penelitian ini adalah agar tidak jauh menyimpang sehingga dapat menimbulkan salah tafsir atau salah pengertian terhadap penelitian ini, maka ruang lingkup penelitian ini mengenai : Peningkatan Kemampuan Menganalisis Paragraf Argumentasi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Dalam penelitian ini, teori-teori yang dipakai sebagai acuan adalah (1) pengertian paragraf, (2) jenis-jenis paragraf, (3) pengertian paragraf argumentasi, (4) ciri-ciri paragraf, (5) struktur paragraf, (6) teknik pengembangan paragraf , (7) pengertian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (8) langkah-langkah model pembelajaran problem based learning (PBL) , dan (9) kelebihan dan kelemahan model pembelajaran problem based learning (PBL).

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan tahun xviii

pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menganalisis paragraf argumentasi melalui model pembelajaran problem based learning (pbl) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan. Rancangan penelitian ini dilakkukan dalam 3 siklus. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi dan (2) tes. Pengolahan data yang digunakan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian, peningkatan kemampuan menganalisis paragraf argumentasi melalui model pembelajaran problem based learning (pbl) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan dapat dilihat dari nilai rata-rata dari prasiklus (tes awal) 4,88, kemudian meningkat menjadi 6,02 pada siklus I menjadi 7,02 pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 8,08 pada siklus III.

Berdasarkan hasil penelitian, maka simpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran problem based learning (pbl) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis paragraf argumentasi siswa. Melihat hasil penelitian yang menggambarkan kemampuan menganalisis paragraf argumentasi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Baturiti Tabanan meningkat, disarankan guru hendaknya menerapkan model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam memahami materi lainnya.

Kata kunci : kemampuan menganalisis, paragraf, argumentasi, dan model pembelajaran problem based learning (pbl).

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/

Download PDF