P. Bhs. & Sastra Indo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN MELALUI TEKNIK CLOZE PADA SISWA KELAS VII D SMP MUHAMMADIYAH 1 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Posted at March 17, 2017 | By : | Categories : P. Bhs. & Sastra Indo | 0 Comment

OLEH :

KORNELIA ERNIYATI DEDE

NPM: 11.8.03.51.31.1.5.3052

PROGRAM  STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

2015


ABSTRAK

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap guru bahasa Indonesia di kelas  VII D SMP Muhammadiyah 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015, diketahui bahwa kemampuan siswa masih kurang dalam menangkap dan menerima pelajaran bahasa Indonesia di kelas, terutama dalam memahami isi bacaan. Menurut data yang diperoleh dari guru tersebut bahwa rata-rata nilai kelas untuk mata pelajaran bahasa Indonesia dalam tes sumatif pada semester I yaitu 60. Ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa masih tergolong rendah karena rata-rata nilai kelas masih dibawah standar kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 7,5 Oleh karena itu, perlu diterapkannya suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa terutama dalam memahami isi bacaan salah satunya menerapkan teknik cloze.

Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah  teknik cloze dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015 dalam memahami isi bacaan?, (2) Bagaimanakah langkah-langkah yang tepat dalam pembelajaran teknik cloze untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas  VII D SMP Muhammadiyah 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang pasti dapatkah teknik cloze meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan siswa dan untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam menerapkan teknik cloze untuk meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada peningkatan kemampuan memahami isi bacaan melalui  teknik cloze. Teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang akan dipakai dalam penelitian seperti (1) pengertian teknik cloze, (2) tujuan pembelajaran teknik cloze , (3) langkah-langkah teknik cloze (4) Penerapan teknik cloze, (5) keunggulan dan kelemahan  teknik cloze, , (6) pengertian kemampuan memahami isi bacaan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 orang siswa yang terdiri dari 24 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Data yang diharapkan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah data tentang hasil belajar dalam memahami isi bacaan, maka dari itu peneliti menggunakan metode tes. Untuk mengetahui sikap positif dan negatif terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar, digunakan metode observasi. Setelah data yang diinginkan terkumpul, maka diadakan pengolahan data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini masih merupakan data atau bahan mentah. Dalam pengolahan data ini, digunakan metode analisis deskriptif. Hasil tes awal dari 42 orang siswa memperoleh nilai rata-rata mencapai 5,11 dengan katagori hampir cukup, hasil siklus I memperoleh nilai rata-rata mencapai 6,23dengan katagori cukup, hasil siklus II memperoleh nilai rata-rata mencapai 7,54 dengan katagori lebih dari cukup, dan hasil siklus III memperoleh nilai rata-rata mencapai 8,38 dengan katagori baik.

 Langkah-langkah yang digunakan dalam teknik cloze  dalam upaya meningkatkan kemampuan memahami isi bacaan pada siswa kelas VII D SMP Muhammadiyah 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah sebagai berikut :

Siswa menelaah dan membaca dalam hati teks yang diberikan dan mengisi teks yang dirumpangkan, Setelah dianggap cukup  siswa membacakan seluruh teks yang telah mereka sempurnakan, Guru  memberikan pertanyaan, Menyuruh siswa untuk membacakan wacana yang disempurnakan, Menyuruh kedua siswa  untuk memperlihatkan teks asli yang akan menjadi    bahan perbandingan, Menyuruh siswa untuk menghitung jumlah lesapan yang dianggap benar atau cocok yang sesuai dengan konteks kalimat

Kata Kunci     : Memahami isi bacaan,  Teknik Cloze

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/273 FKIP IND

Download PDF