P. Bhs. & Sastra Indo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO–VISUAL PADA SISWA KELAS VII F SMP WISATA SANUR TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Posted at March 16, 2017 | By : | Categories : P. Bhs. & Sastra Indo | 0 Comment

OLEH :

REGINALDIS FITRIANI ELSA

NPM: 12.8.03.51.31.1.5.3097

PROGRAMĀ  STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

2016


ABSTRAK

Pembelajaran bahasa Indonesia dalam proses pendidikan memiliki peran sentral untuk membentuk perkembangan intelektual, sosial dan emosional peserta didik, sehingga peserta didik dapat menjadi individu yang mandiri dan lebih bertanggungjawab. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulim 2013, berbasis teks dan genre. Ada beragam jenis teks salah satunya adalah teks eksplanasi.

Berdasarkan observasi awal peneliti dan wawancara langsung terhadap guru bahasa Indonesia di kelas VII F SMP Wisata Sanur terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kendala yang ditemukan khususnya pada menyusun teks eksplanasi yaitu sulitnya siswa menerima pembelajaran tersebut karena pembelajaran teks eksplanasi muncul pada kurikulum baru yaitu pada kurikulum 2013. Permasalahan yang juga ditemukan yaitu siswa belum memahami dengan baik struktur teks eksplanasi dan ciri–cirinya. Selain itu, dalam menyusun atau menulis sebuah teks eksplanasi peserta didik tidak memperhatikan kalimat yang baik dan benar sehingga hasil tulisan mereka tidak memuaskan.

Untuk mengatasi masalah di atas, peneliti menggunakan pembelajaran kontekstual dengan media audio-visual untuk melatih siswa dalam keterampilan menyusun teks eksplanasi. Dalam hal ini, peneliti mengkolaborasikan antar pembelajaran kontekstual dengan media audio–visual supaya keberlangsungan pembelajaran di kelas menjadi efektif dan menyenangkan bagi peserta didik. Oleh karena itu, menurut peneliti dengan mengkolaborasikan antara model dengan media pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam menyusun teks eksplanasi.

Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi masalah dalam penelitia ini ialah sebagai berikut apakah pembelajaran kontekstual dengan media audio-visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas VII F SMP Wisata Sanur tahun pelajaran 2015/ 2016? dan bagaimanakah langkah–langkah yang tepat dalam penerapan pembelajaran kontekstual dengan media audio–visual dalam meningkatkan kemampuan menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas VII F SMP Wisata Sanur Tahun Pelajaran 2015/ 2016? Tujuan Khusus penelitian ini adalah Untuk mendapatkan data yang pasti bahwa pembelajaran kontekstual dengan media audio–visual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas VII F SMP Wisata Sanur tahun pelajaran 2015/ 2016, dan untuk menemukan langkah–langkah pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audio–visual dapat meningkatkan kemampuan menyusun teks eksplanasi di kelas VII F SMP Wisata Sanur Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada peningkatan kemampuan menyusun teks eksplanasi melalui pembelajaran kontekstual dengan media audio–visual pada siswa kelas VII F SMP Wisata Sanur tahun pelajaran 2015/ 2016 dan penerapan pembelajaran kontekstual dengan media audio–visual untuk meningkatkan kemampuan menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas VII F SMP Wisata Sanur Tahun Pelajaran 2015/ 2016.

Adapun landasan teori yang dipergunakan untuk mendukung penelitian ini seperti: (1) Hakikat Menulis, (2) Teks dan Jenis Teks, (3) Teks Eksplanasi, (4) Pembelajaran Kontekstual, (5) Media Audio-Visual. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Wisata Sanur yang berjumlah 42 orang siswa. Objek penelitian adalah penerapan pembelajaran kontekstual dengan media audio–visual untuk meningkatkan kemampuan menyusun teks eksplanasi. Rancangan penelitian tindakan kelas ini, dilaksanakan secara bertahap atau multisiklus hingga dicapai hasil sesuai dengan target yang diinginkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan metode tes dalam bentuk tugas mengarang. Metode observasi dilakukan untuk mengumpulkan data yang berkenaan dengan sikap, dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Tes tulis dalam bentuk tugas mengarang dengan jumlah soal 1 butir dengan 5 aspek penilaian dan rentang skor 1–20 dengan jumlah skor ideal seluruhnya adalah 100. Pengoalahan data menggunakan rumus: Ī£

Hasil tes yang diperoleh dalam penerapan pembelajaran kontekstual dengan media audio–visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII F SMP Wisata Sanur Tahun Pelajaran 2015/ 2016 mengalami peningkatan. Pada tes awal nilai rata–rata hanya 4,07 dengan kategori kurang, Siklus I nilai rata–rata 5,30 dengan kategori hampir cukup, Siklus II nilai rata–rata 6,92 dengan kategori lebih dari cukup dan nilai ratarata siswa pada Siklus III mengalami peningkatan menjadi 8,40 dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan media audio-visual dapat meningkatkan kemampuan menyusun teks eksplanasi pada siswa kelas VII F SMP Wisata Sanur Tahun Pelajaran 2015/ 2016.

Kata Kunci : Teks Eksplanasi, Pembelajaran Kontekstual, Media Audio–Visual

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/266 FKIP IND

Download PDF