Akutansi

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA) PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI KECAMATAN PETANG KABUPATEN BADUNG

Posted at January 17, 2017 | By : | Categories : Akutansi,Skripsi | 0 Comment

OLEH : NI LUH PUTU SADHU ARTINI

NIM: 148.103.311.9.0639

PROGRAM STUDI AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MAHASARASWATI

DENPASAR

2016

 

ABSTRAK

Sistem Informasi berperan dalam bidang akuntansi karena sistem pemrosesan informasi bagi para akuntan untuk menghasilkan informasi yang dapat dipercaya, tepat waktu,lengkap, dapat dipahami dan teruji. Penelitian ini dilakukan pada karyawan yang terkait dengan pelaksanaan sistem informasi akuntansi LPD di Kecamatan Petang dengan sampel sebanyak 97 responden. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor seperti keterlibatan pemakai, kemampuan teknik personal, ukuran organisasi, dukungan manajemen puncak, formalisasi pengembangan sistem informasi,keberadaan dewan pengarah system informasi, serta program pelatihan dan pendidikan terhadap kinerja sistem informasi akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keterlibatan pemakai berpengaruh positif pada kinerja SIA. Variabel formalisasi pengembangan sistem informasi berpengaruh positif pada kinerja SIA.Variabel keberadaan dewan pengarah sistem informasi juga berpengaruh positif terhadap kinerja SIA. Meskipun demikian, variabel kemampuan teknik personal tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja SIA. Variabel ukuran organisasi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja SIA. Variabel dukungan manajemen puncak tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja SIA.Variabel program pendidikan dan pelatihan juga tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja SIA.

Kata Kunci: kinerja sistem informasi akuntansi, keterlibatan pemakai, kemapuan teknik personal, ukuran organisasi, dukungan manajemen puncak, formalisasi pengembangan sisten informasi, keberadaan dewan pengarah sistem informasi, pendidikan dan pelatihan pemakai.

 

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/807 / FE AK

Download PDF