Manajemen

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KONFLIK KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) SARI PERMATA NIAGA KEROBOKAN BADUNG

Posted at January 4, 2017 | By : | Categories : Manajemen | 0 Comment

OLEH : NI KADEK SRI SEPTRIANI

NIM: 13810331180439

PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MAHASARASWATI

DENPASAR

2016

 

ABSTRAK

Kinerja karyawan yang tinggi sangat diharapkan oleh perusahaan, oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, diantaranya adalah budaya organisasi dan konflik kerja. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka pokok masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : apakah ada pengaruh budaya organisasi dan konflik kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan pada KSP Sari Permata Niaga Kerobokan Badung dan apakah ada pengaruh budaya organisasi dan konflik kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan pada KSP Sari Permata Niaga Kerobokan Badung.

Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan konflik kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan pada KSP Sari Permata Niaga Kerobokan Badung dan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan konflik kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan pada KSP Sari Permata Niaga Kerobokan Badung.

Untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis tersebut dilakukan mengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan kuesioner. Kuesioner diberikan kepada 40 orang responden, untuk selanjutnya dianalisis menggunakan model resgresi linier berganda, korelasi berganda, determinasi, F-test dan t-test. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics Version 20, diperoleh hasil analisis regresi berganda b1 = 0,174 artinya apabila budaya organsiasi baik, maka kinerja karyawan akan meningkat dan b2 =0,901 artinya apabila konflik kerja dikelola dengan baik maka kinerja karyawan akan meningkat. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,794 berarti memang benar terdapat hubungan yang positif dan kuat antara budaya organisasi dan konflik kerja terhadap kinerja karyawan pada KSP Sari Permata Niaga Kerobokan Badung. Hasil analisis determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 63% berarti budaya organisasi dan konflik kerja secara simultan mempunyai pengaruh sebesar 63% terhadap kinerja karyawan pada KSP Sari Permata Niaga Kerobokan Badung, sedangkan sisanya 100%–63% = 37% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil F-test diperoleh nilai F-hitung = 31,554 > nilai F-tabel = 3,23, dan Fhitung berada pada daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil t-test untuk budaya organisasi diperoleh nilai t-hitung = 2,140 > nilai t-tabel = 1,684, dan t-hitung berada pada daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima dan nilai t-hitung untuk konflik kerja = 7,706 > t-tabel = 1,684 dan t-hitung berada pada daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima.

Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh simpulan bahwa pengaruh budaya organisasi dan konflik kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan pada KSP Sari Permata Niaga Kerobokan Badung adalah positif dan signifikan dan pengaruh budaya organisasi dan konflik kerja secara simultan terhadap kinerja karyawan pada KSP Sari Permata Niaga Kerobokan Badung adalah positif dan signifikan.

Kata Kunci: budaya organisasi, konfilik kerja dan kinerja

 

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/ 747/ FE MAN

Download PDF