P. Biologi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MODIFIKASI MELALUI FOTOGRAFI PARTISIPATIF JEJARING KERJA PURA SUBAK TERHADAP KOMPETENSI BELAJAR SISWA KELOMPOK ILMIAH REMAJA

Posted at January 4, 2017 | By : | Categories : P. Biologi | 0 Comment

OLEH : NI WAYAN WIJAYANTI

NPM.  12.8.03.51.30.2.5.0989

PROGRAM STUDI BIOLOGI

 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MAHASARASWATI

DENPASAR

2016

 

ABSTRAK

Jejaring kerja pura subak selama ini hanya diketahui dari aspek ritual saja, padahal pura subak memiliki peran penting dalam aspek ekonomi, ekologi, dan sosial-budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Jigsaw Modifikasi melalui fotografi partisipatif berbasis jejaring kerja pura subak terhadap kompetensi belajar siswa kelompok ilmiah remaja (KIR). Rancangan penelitian menggunakan one group pretestposttest, dengan subyek penelitian 34 siswa SMA Amarawati Tampaksiring. Data variabel kepedulian, sikap, dan ketrampilan dikumpulkan dalam bentuk angket dengan 5 poin skala likert sedangkan pengetahuan menggunakan soal dikotomi 1 0 yang kemudian di analisis statistik menggunakan Wilcoxon Match Pairs. Hasil penelitian menunjukan dua variabel kompetensi belajar siswa yaitu ketrampilan anggota dalam kelompok (0,001)dan sikap sains (p=0,001)mengalami peningkatan yang nyata, sementara variabel kepedulian dan pengetahuan mengalami peningkatan rata-rata namun tidak signifikan pada (p=0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fotografi partisipatif berbasis jejaring kerja pura subak dengan Jigsaw Modifikasi berpengaruh terhadap ketrampilan anggota dalam kelompok dan sikap sains, namun tidak berpengaruh terhadap kepedulian lingkungan dan pengetahuan siswa anggota KIR.

 

Kata Kunci : ketrampilan anggota dalam kelompok, sikap sains, pengetahuan jejaring kerja pura subak, dan kepedulian lingkungan.

 

Lokasi Skripsi : Perpus. Unmas

Kode Skripsi: R/106/FKIP BIO

Download PDF