Laporan Penelitian

Induksi Ketahanan Tanaman Panili dengan Bakteri Pesudomonas Non Patogenik untuk Pengendalian Busuk Batang Fusarium oxysporum f.sp. Vanilae

Posted at December 20, 2016 | By : | Categories : Laporan Penelitian | 0 Comment

Ketua Peneliti
Ir. I Ketut Widnyana, M.Si

Aggota Peneliti
Ir. Ni Putu Pandawani, Msi
Ir. Ni GAG Eka Martiningsih, Msi
Drs. Ktut Pande Swastawa, MS

DIBIAYAI DIPA SESUAI SURAT PERJANJIAN PELAKSANAAN
PENELITIAN NOMOR: 255/SP3/PP/DP2M/II/2006
TANGGAL 01 FEBRUARI 2006
DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS MAHASARASWATI DENPASAR

OKTOBER 2007

 

RINGKASAN

Pelaksanaan tahun II dari penelitian ” Induksi Ketahanan Tanaman Panili dengan Bakteri Pseudomonas spp Non Patogenik untuk Pengendalian Busuk Batang Fusarium oxysporum f.sp vanillae” dimulai dari eksplorasi dari rizosfer berbagai tanaman untuk mendapatkan bakteri Pseudomonas spp. Sampel tanah rizosfer diambil dari tanaman jagung, kacang tanah, tomat, cabe, ketela rambat, paku-pakuan, bawang, kangkung, dan panili dari seluruh kabupaten dan kota di Pulau Bali (9 bh) dengan jumlah sampel sebanyak 90 buah.

Isolasi dilakukan dengan media selektif King’s B Agar dan mendapatkan 22 jenis isolat bakteri Pseudomonas spp dengan ciri menghasilkan pigmen berwarna hijau terang sampai hijau kebiruan pada media tersebut. Uji patogenitas dilakukan terhadap keseluruhan isolat bakteri Pseudomonas spp tersebut mendapatkan 19 isolat bersifat patogenik dan 3 (tiga) isolat bersifat non patogenik yaitu KB 2, KB 68, dan KB 80.

Biakan murni dari isolat bakteri Pseudomonas spp selanjutnya disimpan dalam larutan MgSO4.7H2O 0,1 M dalam suhu 5 0C untuk menjaga viabilitasnya tetap terjaga dengan baik.

Download Full PDF