Laporan Penelitian

BIODIVERSITY DI DAS TUKAD PAKERISAN

Posted at December 19, 2016 | By : | Categories : Laporan Penelitian | 0 Comment

Oleh: Dr. Ir. I Ketut Widnyana, MSi dan Ir,I Made Budiasa, M.Si


  1. 1.         PENDAHULUAN
  1. a.          Biodiversitas  dan kebutuhan air

Keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. Keaneka- ragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukakan keseluruhan variasi gen, spesies, dan ekosisitem di suatu daerah.  Keanekaragaman atau keberagaman dari makhluk hidup dapat berupa perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah, tekstur, penampilan dan sifat-sifat lainnya. Tidak ada makhluk hidup yang bisa hidup sendiri, terpisah dan terasing dari makhluk hidup lain, karena itu  terjadi hubungan saling ketergantungan antar makhluk hidup dan juga antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Hubungan saling mempengaruhi yang terjadi antar makhluk hidup dengan lingkungan untuk membentuk  suatu sistem yang disebut ekosistem. Ekosistem terbentuk dari komponen hidup (biotik), dan komponen tidak hidup (abiotik). Kedua komponen ini sangat mempengaruhi distribusi persebaran organisme pada tempat yang berbeda-beda.

Air merupakan kebutuhan bagi mahluk hidup terutama untuk manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan, dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk, maka aktifitas penggunaan sumber daya air juga semakin meningkat, maka sumber daya air perlu ditingkatkan pelestariannya dengan menjaga keseimbangan siklus air di bumi yang dikenal sebagai siklus hidrologi. Proses siklus hidrologi di alam bermanfaat sebagai sumber daya yang dapat diperbaharui, secara nyata kuantitas sumber daya air di bumi relatif tetap, sedangkan kualitasnya makin hari makin menurun. Air merupakan komponen yang sangat vital bagi kehidupan, sebab hampir semua makhluk hidup membutuhkan air. Hal ini disebabkan oleh karena sebagian besar tubuh makhluk hidup tersusun oleh air dan tidak ada satupun makhluk hidup yang tidak membutuhkan air. Meskipun demikian, kebutuhan organisme akan air tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Begitu pula dengan ketersediaan air di suatu daerah, tidak sama antara daerah satu dengan yang lainnya.

Kebutuhan air untuk kepentingan hidup manusia  meliputi kebutuhan di bidang pertanian dalam arti luas, indusrti  dan industri rumah tangga, rekreasi , aktivitaslingkungan, dan kebutuhan  lainnya. Sangat jelas terlihat bahwa seluruh manusia membutuhkan air tawar. 97% air di bumi adalah air asin dan hanya 3% berupa air tawar yang lebih dari 2 per tiga bagiannya berada dalam bentuk es di glasier dan es kutub. Air tawar yang tidak membeku dapat ditemukan terutama di dalam tanah berupa air tanah, dan hanya sebagian kecil berada di atas permukaan tanah dan di udara.

Download Full PDF