Karya Ilmiah

PEMBERDAYAAN SUBAK BERORIENTASI AGRIBISNIS BERBASIS MODAL SOSIAL

Posted at September 24, 2016 | By : | Categories : Karya Ilmiah | 0 Comment

OLEH
Ir. I Putu Sujana, MS

 

1. Pendahuluan

            Pembangunan pertanian sebagai bagian integral dari pembangunan nasional tetap mendapatkan prioritas tinggi, karena bukti-bukti empiris menunjukkan bahwa sektor pertanian ternyata lebih tangguh dibandingkan dengan sektor lain dalam menghadapi krisis moneter. Khususnya di Bali Sistem Subak masih memegang peran dalam mendukung pembangunan pertanian khususnya di lahan sawah.

            Beberapa pandangan menunjukkan bahwa perubahan atau modernisasi sering menganggap budaya tradisional dengan nilai-nilai lokal dianggap sebagai salah satu penghambat, sehingga perlu diganti oleh budaya modern yang lebih produktif. Padahal masyarakat tradisional pada dasarnya sudah memiliki modal sosial sebagai suatu pola pengaturan kehidupan sosialnya sejak lama, seperti organisasi subak di Bali.

            Sampai saat ini subak di luar Bali sangat terkenal di dunia internasional bahkan dalam beberapa aspek dari subak itu sendiri menjadi contoh bagi daerah lain diluar Bali dalam rangka pembangunan pertaniaannya. Fenomena daya tarik subak sebagai salah satu inti kebudayaan bali dapat dikembangkan dalam meraih devisa bagi daerh dan masyarakat Bali. Oleh karena itu, kekeliruan pandangan tersebut harus dihilangkan dan bahkan sebaliknya segala bentuk ketradisionalan (social, adat dan budaya ) suatu daerah dan masyarakatnya harus diberdayakan guna mencapai tujuan pembangunan pertanian.

            Salah satu upaya yang perlu dikembangkan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah dan tantangan subak di masa mendatang yang semakin kompleks baik yang berkenaan dengan aspek hid rologi,ekonomis lingkungan maupun social adalah pemberdayaan subak berorientasi agribisnis berbasis modal sosial, untuk meningkatkan pendapatan dan kesejhtraan petani.

            Alasan yang mendasar yang mendasar yang mendorong Subak perlu dikembangkan menuju organisasi ekonomi (agribisnis) berbass modal sosial, antara lain a). adanya beban financial yang harus dipikul Subak akibat implementasi program-program pemerintah seperti Penyerahan Irigasi Kecil (PIK) kepada P3A ( Perkumpulan Petani Pemakai Air) dan program IPAIR (Iuran Pelayanan Irigasi). b).Adanya persaingan dalam ekonomi global akibat diberlakukannya perdagangan bebas; c). Kesenjangan pendapatan yang lebar antara sector pertanian dengan sector pariwisata; d) Adanya peluang bagi subak untuk melakukan usaha ekonomi sesuai INMENDAGRI No. 42/1995; dan e). Adanya kebebasan petani dalam mengusahakan jenis tanaman yang diinginkan sesuai dengan UU. No. 12/1992. Selain itu pertimbangan lain yang dapat dijadikan landasan akan pentingnya agribisnis sebagai andalan yang dapat memulihkan ekonomi nasional adalah (1) mengakar pada resourse based yang merupakan kekuatan nasional; (2) mempunyai karakteristik menciptakan kesempatan kerja yang relative banyak; (3) menghasilkan devisa, dan (4) menjadi sumber pendapatan terutama di pedesaan.

            Berkaitan dengan hal di atas bagaimanakah pemberdayaan subak dalam menghadapi perubahan dari subsistem menuju komersial melalui agribisnis guna menjamin keberlajutan Subak itu sendiri ?

Setifikat Pemakalah

Download Full PDF