P2WL

Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan (P2WL)

EFEKTIVITAS PENGENAAN PAJAK PROGRESIF DALAM UPAYA PERENCANAAN PENGENDALIAN PERTUMBUHAN KENDARAAN BERMOTOR DI PROVINSI BALI (Studi Kasus di Kantor Samsat Gianyar)

Posted at August 11, 2016 | By : | Categories : P2WL | 0 Comment

I DEWA NYOMAN A. SUARDANA PUTRA

14.8.103.35.101.0256

PROGRAM STUDI PERENCANAAN PEMBANGUNAN WILAYAH DAN PENGELOLAAN  LINGKUNGAN (P2WL)

KONSENTRASI PERENCANAAN WILAYAH

ABSTRAK

 

Jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat dapat menimbulkan eksternalitas negatif. Salah satu eksternalitas negatif yang dihasilkan oleh meningkatnya kendaraan bermotor tersebut ialah pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan memiliki dampak buruk bagi kehidupan di bumi, khususnya bagi manusia. Salah  satu upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor ini adalah dengan mengurangi atau membatasi penggunaan kendaraan pribadi dan salah satu cara yang efektif adalah dengan mengenakan pajak yang tinggi atas kepemilikan kendaraan.

Penelitian ini menjelaskan sejauh mana Efektivitas Pengenaan Pajak Progresif Dalam Upaya Perencanaan Pengendalian Pertumbuhan Kendaraan Bermotor di Provinsi Bali (Studi Kasus di Kantor Samsat Gianyar). Dalam penelitian ini peneliti ingin membuktikan secara empiris mengenai (1) Pengaruh dari pengenaan tarif progresif terhadap jumlah kepemilikan kendaraan, (2) Mengetahui perbandingan kepemilikan kendaraan baru dan kendaraan bekas yang melalui proses Bea Balik Nama (BBN I dan BBN II), (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kepemilikan kendaraan roda 4 (empat). Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif, dengan sampel yang diambil secara purposive sampling, pada penelitian ini kriteria responden yang dapat dijadikan sampel adalah kepemilikan kendaraan roda empat yang lebih dari satu unit dan jumlah sampel ditetapkan sebanyak 60 responden. Data dikumpulkan melalui metode observasi, kuesioner, dan pencatatan dokumen yang hasilnya dianalisis menggunakan pendekatan keruangan secara deskriptif kuantitatif dan di dokumentasikan dalam bentuk laporan yang berisi kesimpulan dan saran-saran atau masukan dari peneliti kepada objek peneliti.

Simpulan dari penelitian ini adalah besarnya prosentase pengenaan pajak progresif mempengaruhi jumlah kepemilikan kendaraan roda empat di masing-masing individu dan secara langsung mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap kendaraan baru (BBNI) dan disisi lain mampu meningkatkan kecenderungan pemilik kendaraan untuk melakukan proses balik nama kendaraan (BBNII), dari hasil identifikasi diketahui jumlah kepemilikan kendaraan di masing-masing individu dipengaruhi oleh faktor demografi, ekonomi dan sosial.

 

Kata Kunci: Pajak Progresif dalam upaya pengendalian jumlah kendaraan

 

Download PDF