P2WL

Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan (P2WL)

STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN MINAPOLITAN BERBASIS PERIKANAN TANGKAP DI DESA KEDONGANAN KABUPATEN BADUNG

Posted at August 11, 2016 | By : | Categories : P2WL | 0 Comment

NI GUSTI PUTU EKA TRIYANI

14.8.103.35.101.0234

PROGRAM STUDI PERENCANAAN PEMBANGUNAN WILAYAH DAN PENGELOLAAN  LINGKUNGAN (P2WL)

KONSENTRASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN WILAYAH

ABSTRAK

 

Desa Kedonganan merupakan salah satu kawasan yang ditetapkan sebagai kawasan minapolitan berbasis perikanan tangkap. Untuk menunjang keberadaan Desa Kedonganan sebagai kawasan minapolitan telah dibangun berbagai fasilitas antara lain Dermaga, TPI, Pabrik es dan SPDN. Penelitian ini bertujuan mengetahui  pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah dibangun pada pengembangan kawasan minapolitan berbasis perikanan tangkap.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan  analisa kualitatif dan kuantitatif untuk pemanfaatan sarana dan prasarana, kondisi lingkungan internal dan eksternal dengan matrik IE sedangkan strategi pengembangan menggunakan matrik SWOT.

Dari hasil penelitian, pelaksanaan program pengembangan kawasan minapolitan berbasis perikanan tangkap belum sesuai perencanaan dalam pemanfaatan sarana dan prasarana. Hasil analisis yang faktor eksternal (matrik EFAS) termasuk kategori  kuat. Pada matrik IE termasuk pada sel II merupakan strategi pertumbuhan (growth strategy) dimana strategi yang diterapkan didesain untuk mencapai pertumbuhan yang optimal.

Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk berkembangnya kawasan minapolitan di Desa Kedonganan  adalah lembaga pengelola diharapkan dapat mengelola sarana dan prasarana di kawasan dengan optimal dan memahami fungsi dari pengelola, tetap memerlukan dukungan pemerintah untuk membantu lembaga pengelola dalam mengoptimalkan fungsi dari sarana dan prasarana yang ada dengan sistem pengelolaan managemen terpadu, penyempurnaan fasilitas yang sudah ada, penambahan kuota BBM bagi nelayan serta memberikan bimbingan teknis bagi pengelola.

Kata kunci: strategi, pengembangan, kawasan, minapolitan

Download PDF