MM

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, PROFESIONALISME DAN PARTISIPASI TERHADAP KINERJA PELAYANAN PADA HOTEL CENTRA TAUM SEMINYAK BALI

Posted at July 29, 2016 | By : | Categories : MM | 0 Comment

NAMA : NI NYOMAN AYU PUTRI ARIANI

NPM  : 14.8.103.61.101.0027

PROGAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

ABSTRAKSI

 

Pelayanan prima adalah faktor yang paling penting dari layanan penilaian bisnis di mana kualitas sangat dipengaruhi oleh persepsi dan harapan masing-masing pelanggan. Para karyawan dan pemimpin perusahaan memiliki peran penting untuk mencapai pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh gaya kepemimpinan, profesionalisme dan partisipasi terhadap kinerja pelayanan di Hotel Centra Taum Seminyak Bali.

Ada dua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini 1) Pengaruh gaya kepemimpinan, profesionalisme dan partisipasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja pelayanan pada Hotel Centra Taum Seminyak Bali .2) Pengaruh gaya kepemimpinan, profesionalisme dan partisipasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja pelayanan pada Hotel Centra Taum Seminyak Bali.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probabilitas Proporsional Ukuran Sampling (Probability Proportional to Size Sampling). Data sampling dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan teknik kuesioner.

Dari hasil uji statistik, ditemukan bahwa pengaruh 1) gaya kepemimpinan, profesionalisme dan partisipasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja pelayanan pada Hotel Centra Taum Seminyak Bali yaitu F-test didapat F-hitung sebesar 96.614 dengan tingkat probabilitas 0.000 (signifikansi). 2) Pengaruh gaya kepemimpinan, profesionalisme dan partisipasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja pelayanan pada Hotel Centra Taum Seminyak Bali dapat dilihat dari kedua independent variabel yang dimasukkan dalam regresi, variabel X1 (gaya kepemimpinan) sebesar 0.12 adalah signifikan pada 0.05, variabel X2 (profesionalisme) sebesar 0.05 signifikan pada 0.05 dan variabel  X3 (partisipasi) sebesar 0.21 signifikan pada 0.05, dari sini dapat disimpulkan bahwa variabel kinerja pelayanan dipengaruhi oleh variabel gaya kepemimpinan, profesionalisme dan partisipasi dengan persamaan matematis : Y  = 4.737 + 0.310 (X1) + 0.348 (X2) + 0.241 (X3). Besarnya pengaruh gaya kepemimpinan, profesionalisme dan partisipasi terhadap kinerja pelayanan ditentukan oleh dimensi pengorbanan, komitmen, toleransi, integritas, rasa hormat dan tanggung jawab bersama.

Rekomendasi dari penelitian ini adalah pentingnya komitmen pemimpin perusahaan dan karyawan dalam meningkatkan kinerja layanan.

 

Kata Kunci : Indeks Persyaratan: gaya kepemimpinan, profesionalisme dan partisipasi

 

Download PDF