MM

ANALISIS ANGGARAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MEMAKSIMALKAN LABA PADA HOTEL THE CHEDI CLUB TANAH GAJAH, UBUD

Posted at July 29, 2016 | By : | Categories : MM | 0 Comment

NAMA : I KETUT SUGIARTA

NPM  : 14.8.103.61.101.0019

PROGAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

ABSTRAKSI

 

Hotel The Chedi Club Tanah Gajah, Ubud ikut andil bagian menarik wisatawan untuk datang ke Pulau Dewata. Namun dalam persaingan yang semakin ketat, manajemen perusahaan harus mampu melakukan perencanaan dengan baik sehingga kinerja perusahaan meningkat dan dapat memberikan dampak pada peningkatan laba perusahaan. Hotel The Chedi Club Tanah Gajah, Ubud telah menerapkan manajemen keuangan, maka perlu menyusun suatu perencanaan keuangan yaitu Anggaran (Budget) yang dapat menjadi pedoman didalam perolehan perusahaan terutama laba untuk penggunaan keuangan di dalam kegiatan usaha  pengembangan Hotel.

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis anggaran dan profitabilitas yang ditetapkan oleh perusahaan dalam pencapaian laba yang maksimal yang telah dicapai oleh Hotel The Chedi Club Tanah Gajah, Ubud.

Model analisis yang digunakan dalam penulisan penelitian ini yakni  Model Analisis Trend. Model analisis ini menggunakan Prosentase yang  berguna untuk mengetahui kecenderungan atau tendensi posisi dan kemajuan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan paradigma non positivisme interpretif. Temuan dari penelitian ini yakni penggunaaan anggaran biaya operasioanal pada Hotel The Chedi Club Tanah Gajah, Ubud secara keseluruhan tidak efektif sebagai alat bantu manajement dalam memaksimalkan laba. Profitabilitas  yang terlihat dari  indikator ROA dari tahun 2013 – 2015 mengalami penurunan.

 

Kata Kunci : Analisis Anggaran, Profitabilitas, dan Laba

 

Download PDF