MM

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK, MOTIVASI KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI RSUD AMLAPURA PADA BAGIAN REKAM MEDIK)

Posted at July 29, 2016 | By : | Categories : MM | 0 Comment

NAMA : I NYOMAN SUMADI

NIM : 148103351010010

PROGAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

ABSTRAKSI

 

Sumber Daya Manusia merupakan salah satu aset organisasi yang menjadi tulang punggung suatu organisasi dalam menjalankan aktivitasnya dan sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kemajuan organisasi. Adapun faktor yang  mempengaruhi kinerja karyawan diantaranya adalah lingkungan kerja fisik, motivasi,  dan kompensasi. Dari uraian-uraian tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila suatu organisasi ingin mengusahakan agar kinerja meningkat maka salah satu usaha yang harus dilakukan adalah meningkatkan motivasi kerja karyawan dan memperbaiki lingkungan kerja fisik organisasi serta kompensasi kepada karyawan. Karyawan dapat berkinerja sesuai yang diharapkan, maka dalam diri seorang karyawan harus ditumbuhkan motivasi bekerja untuk meraih segala sesuatu yang diinginkan. Oleh karena itu dalam penelitian ini menganalis hubungan kausalitas antara variable lingkungan kerja fisisk, motivasi, dan kompensasi,terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Umum Daerah Karangasem, di bagian rekam medic..

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ada tidaknya serta signifikansi pengaruh variable lingkungan kerja fisik, motivasi, dan kompensasi terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini bersifat kausal karena meneliti pengaruh variabel bebas (Lingkungaan kerja fisisk, motivasi, dan Kompensasi) terhadap variabel tergantung (Kinerja Karyawan). Obyek penelitian di Rumah Sakit Umum Daerah Karangasem Bagian rekam medic menggunakan 40 sampel (responden), sedangkan data penelitian dianalisis dengan alat analisis statistik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel  lingkungan kerja fisik, motivasi, dan kompensasi  berpengaruh positif dan signifikan  terhadap kinerja karyawan, baik secara simultan maupun secara parsial.

 

Kata Kunci : Lingkungan Kerja Fisik, Motivasi,  Kompensasi, dan Kinerja Karyawan.

 

Download PDF