MM

PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAIDINAS PERTANIAN, PERKEBUNAN DAN KEHUTANAN KABUPATEN KLUNGKUNG

Posted at July 29, 2016 | By : | Categories : MM | 0 Comment

NAMA : LUH MADE MAHENI WIJAYANTI

NIM : 148103611010042

PROGAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

ABSTRAKSI

Pemenuhan terhadap pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia dalam hal ini adalah aparatur pemerintah diinstansi terkait. Bidang pertanian mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional, sektor ini sangat banyak menampung tenaga kerja rendahnya kinerja pegawai Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Klungkung berdasarkan pengamatan awal diduga karena kepemimpinan Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja. Sehingga penelitian ini menganalis hubungan kausalitas antara variable  Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja terhadap kinerja karyawan di Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Klungkung.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variable Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, terhadap kinerja karyawan di Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Klungkung.

Penelitian ini bersifat kausal karena meneliti pengaruh variabel bebas (Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja) terhadap variabel tergantung (Kinerja Karyawan). Obyek penelitian di Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Klungkung. dengan menggunakan 74 sampel (responden), sedangkan data penelitian dianalisis dengan alat analisis statistik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel Kepemimpinan, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan  terhadap kinerja karyawan, baik secara parsial maupun secara simultan.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Karyawan.

 

Download PDF