MM

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KEPUASAN KERJA, DAN KONFLIK KERJA, TERHADAP KINERJA KARYAWAN. ( SUDI KASUS PADA PT. BANK BPD BALI CABANG KARANGASEM)

Posted at July 29, 2016 | By : | Categories : MM | 0 Comment

I WAYAN SUANTARA

NIM : 148.103611010007

PROGAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

ABSTRAKSI

Meningkatnya persaingan, berdampak pada peran konsumen  yangmenjadi semakin penting bagi keberlangsungan sebagian besar perusahaan. Pelanggan atau konsumen sekarang dihadapkan pada berbagai pilihan yang lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya.Oleh karena itu peran sumber daya manusia menjadi sangat penting.Semakin baik sumber daya manusia tersebut dikelola, maka akan menentukan kesuksesan perusahaan di masa mendatang. Salah satu factor  yang menjadi kunci keberhasilan organisasi adalah peran dari kinerja karyawan. Kinerja merupakan hasil kerja yang dapat diwujudkan oleh karyawan dari setiap pekerjaan yangdilakukan dan berfungsi sebagai alat penilaian bagi pegawai yang bersangkutan atau organisasi. Jadi kinerja karyawan akan sangat menentukan kinerja organisasi. Penelitian ini menganalis hubungan kausalitas antara variable, lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan konflik kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Karangasem.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variable lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan konflik kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Karangasem.

Penelitian ini bersifat kausal karena meneliti pengaruh variabel bebas ( Lingkungan kerja, Kepuasan kerja, dan konflik Kerja ) terhadap variabel tergantung (Kinerja Karyawan). Obyek penelitian di PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Karangasem yang diteli adalah  109 orang, sedangkan data penelitian dianalisis dengan alat analisis statistik Structural Equation Model (SEM) PLS. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan kerja  dan kepuasan kerja   berpengaruh positif dan signifikan  terhadap kinerja karyawan, namun variabel konflik kerja berpengaruh negative terhadap kinerja karyawan.

 

Kata Kunci : Lingkungan kerja, kepuasan kerja, konflik kerja, dan kinerja karyawan.

 

Download PDF