MM

PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA. ( SUTDI PADA PT. BPR MITRA BALI ARTHA MANDIRI)

Posted at July 29, 2016 | By : | Categories : MM | 0 Comment

I GUSTI LANANG PUTU ARYANA

NPM : 14.8.103.61.101.0015

PROGAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN

ABSTRAKSI

Pertumbuhan perekonomian yang terus berkembang menuntut eksistensi perbankan untuk melayani kebutuhan masyarakat, sehingga banyak bermunculan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia, salah satunya adalah Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Keberadaan BPR selama ini memiliki kontribusi yang cukup besar dalam pengembangan usaha di Indonesia, khususnya usaha Mikro, Kecil dan Menengah di pedesaan karena perannya sebagai penyedia jasa perbankan untuk golongan masyarakat menengah kebawah.Menyadari pentingnya kompensasi dalam membangun kepuasan kerja yang pada akhirnya diharapkan berdampak pada kinerja, beberapa penelitian yang telah menghasilkan suatu kesimpulan ke arah tersebut.Terkait dengan kinerja karyawan, berdasarkan pengamatan sekilas dan pengalaman peneliti,secara umumkinerja pegawaimemiliki permasalahan dengan target yang telah ditetapkan di PT BPR MitraBali ArtaMandiri.. Hal ini disebabkan masih adanya peroalan yang menyangkut kompensasi dan kepuasan kerja terhadap karyawan. Sehingga penelitian ini menganalis hubungan kausalitas antara variable Kompensasi dan Kepuasan Kerja terhadap  Kinerja Karyawan, dan Kepuasan Kerja sebagai variable pemediasidi PT BPR MitraBali ArtaMandiri.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variable Kompensis dan Kepuasan Kerjaterhadap kinerja karyawan, serta kepuasan kerja sebagai variable pemediasi, PT BPR MitraBali ArtaMandiri.

Penelitian ini bersifat kausal karena meneliti pengaruh variabel bebas (kompensasi), terhadap variabel tergantung (Kinerja Karyawan), dan variable mediasi ( Kepuasan Kerja ). Obyek penelitian diPT BPR MitraBali ArtaMandiri,dengan menggunakan 40 sampel (responden), sedangkan data penelitian dianalisis dengan alat analisis statistik regresi PLS ( Partial Least Square ). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa variable Kompensasi,berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja.    Pengaruh tidak langsung dari kompensasi ke kinerja karyawan melalui kompensasi karyawan, lebih besar   dibandingkan pengaruh langsungnya. Hal ini berarti peranKepuasan Karyawan sebagai Pemediasi Kompensasi  Terhadap Kinerja Karyawan.

 

Kata Kunci : Kompensasi, Kepuasan, dan Kinerja Karyawan.

 

Download PDF