FKG

HUBUNGAN ANTARA KETERSEDIAAN FASILITAS PARKIR TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN (Kajian di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar)

Posted at July 15, 2016 | By : | Categories : FKG | 0 Comment

OLEH :

 

 

A.A. Sagung Dyah Karuniadewi

NPM: 12.8.03.81.41.1.5.024

Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar berada dalam satu ruang lingkup dengan fasilitas pendidikan lainnya yang ada di Yayasan Saraswati Denpasar. Padatnya populasi peserta didik di Yayasan Saraswati Denpasar menyebabkan kebutuhan akan fasilitas parkir terus meningkat. Fasilitas parkir yang tersedia di lingkungan Universitas Mahasaraswati Denpasar selalu tampak penuh dan berjejal terutama disaat-saat jam sibuk. Hal ini turut mempengaruhi ketersediaan fasilitas parkir bagi pengunjung RSGM FKG UNMAS Denpasar karena seringkali ruang parkir bagi pengunjung RSGM dipergunakan oleh mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar dan parkir sudah tampak penuh saat ada pasien yang datang ke RSGM FKG UNMAS Denpasar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara ketersediaan fasilitas parkir terhadap tingkat kepuasan pasien RSGM FKG UNMAS Denpasar.

            Metode penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik quota sampling sebanyak 35 orang dan tidak ada pengelompokan sampel. Pengambilan data dilakukan di RSGM FKG UNMAS Denpasar.

            Analisis hubungan antar variabel menggunakan teknik korelasi product moment atau Pearson Correlation. Hasil dari uji korelasi tersebut diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar 0,622 bernilai positif berarti terdapat korelasi yang kuat dan positif antara kedua variabel. Dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan fasilitas parkir dengan kepuasan pasien RSGM FKG UNMAS Denpasar. Fasilitas parkir yang semakin baik akan diikuti oleh peningkatan kepuasan pasien.

Kata kunci: fasilitas parkir, tingkat kepuasan, RSGM

 

Download PDF