News Update

Peresmian BI Corner Perkuat Edukasi Masyarakat Bidang Ekonomi di Bali

Posted at June 21, 2016 | By : | Categories : News Update | 0 Comment

Dalam memperkuat edukasi masyarakat di bidang ekonomi disiapkanlah sarana Pojok Baca atau yang disebut dengan BI Corner termasuk di Denpasar Bali. Pada tahap awal, BI Corner akan difokuskan pada Perguruan Tinggi. Dapat disampaikan, pada tahun 2015. Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bali Dewi Setyowati mengungkapkan, telah dibangun 106 (seratus enam) BI Corner seluruh Indonesia. Lewat kerjasama dan koordinasi Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan Bank Indonesia dengan perguruan tinggi negeri dan swasta.  ”Dalam waktu 5 tahun, diharapkan BI Corner dapat hadir di setiap level pendidikan hingga sarana perpustakaan daerah maupun fasilitas publik lainnya, katanya pada peresmian BI Corner di Universitas Mahasaraswati Denpasar JUmat 23 April 2016. Program ini merupakan bagian dari tema unggulan pelaksanaan PSBI yang bertajuk “Indonesia Cerdas”.

Dewi melanjutkan, implementasi transformasi yang sedang terjadi di Bank Indonsia saat ini khususnya tema “Institusional Leadership”, telah mendorong Bank Indonesia untuk terus memperkuat kerjasama dan koordinasi antar lembaga. Mengingat hal itu eratnya keterkaitan pelaksanaan peran Bank  Indonesia dalam berbagai aspek dengan instansi lain. Kerjasama Bank Indonesia dengan Perguruan Tinggi ditunjukkan melalui kerjasama dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan (akademis) berupa kegiatan magang mahasiswa atau Praktek Kerja Lapangan (PKL).  ”Jumlah mahasiswa magang setiap bulannya berkisar antara 10 sampai dengan 15 orang yang berasal dari 15 universitas baik yang berada di Provinsi Bali maupun di luar Provinsi Bali,” sebutnya.

Para mahasiswa magang diberikan kesempatan untuk mempelajari business procees pelaksanaan tugas dan pekerjaan strategis seperti membantu pelaksanaan survei-survei ekonomi maupun pekerjaan rutin sehari-hari. Melalui desain dan fasilitas ruangan BI Corner yang nyaman, disertai pelaksanaan berbagai kegiatan yang mengundang partisipasi peserta diharapakan dapat semakin menarik minat (awareness) masyarakat untuk berkunjung ke BI Corner.  ”Untuk mendukung penyediaan fasilitas BI Corner yang berkualitas, kami telah menyediakan 126 buah buku yang terdiri dari 97 buah buku berbahasa Indonesia dan 29 buah buku berbahasa Inggris,” tuturnya.

Selain itu juga terdapat 1 buah PC yang berisi materi edukasi mengenai kebanksentralan, presentasi kajian ekonomi dan hasil survei serta kebijakan BI terbaru yang akan terus di-update secara rutin. Sebagai salah satu upaya menarik minat (awareness) masyarakat untuk berkunjung ke BI Corner, siang nanti akan diadakan sosialisasi mengenai Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Kedepannya pengembangan program BI Corner akan tetap berbasis pada edukasi tentang Bank Indonesia dan kegiatan sekitar bidang ekonomi.  ”Saya harapkan,  BI Corner di Perpustakaan UNMAS dapat memberikan manfaat secara maksimal. Kami mengharapkan partisipasi aktif dari mahasiswa, dosen dan staf UNMAS dalam memanfaatkan BI Corner seiring dengan program perpustakaan yang ada,” harapnya. Fasilitas yang ada BI Corner diharapkan dapat dirawat dan penambahan koleksi akan dilakukan secara berkelanjutan dengan kerjasama yang baik antara BI dengan UNMAS di masa mendatang.

Acara ini mempunyai arti penting karena merupakan penguatan sinergi dan kolaborasi dalam mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi melalui penguatan edukasi masyarakat di bidang ekonomi. (kabarnusa.com)