P. Matematika

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 BEBANDEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Posted at April 9, 2016 | By : | Categories : P. Matematika | 0 Comment

OLEH :

 NI KETUT ERAWATI

 NPM 10.8.03.51.30.1.5.1555

ABSTRAK

 

Erawati, Ni Ketut. 2014. Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Alat Peraga pada siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Bebandem Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNMAS Denpasar. Pembimbing: (1) Drs. I Ketut Suwija, M.Si. (2) Dr. Drs. I Made Wena, M.Si.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Kooperatif tipe STAD, Alat Peraga

Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh bahwa prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Bebandem khususnya kelas VIII B tergolong rendah, ini dilihat dari nilai rata-rata Ujian Akhir Semester Ganjil masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 72 dan baru mencapai rata-rata nilai kelas sebesar 69,84, daya serap (DS) sebesar 69,84% dan ketuntasan belajar (KB) sebesar 52%. Dari hasil pengamatan kegiatan pembelajaran ditemukan permasalahan, seperti: (1) guru mengajar masih berpola konvensional, yang kurang menuntut siswa untuk mengembangkan idenya, (2) penerapan pembelajaran berkelompok tidak pernah diterapkan guru dalam mengajar, (3) siswa kurang berinteraksi dengan temannya dalam kegiatan pembelajaran dan (4) kurangnya penggunaan alat peraga dalam kegiatan pembelajaran. Solusi yang dirasa tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga. Adapun rumusan masalah, yaitu: bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 bebandem tahun pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian adalah PTK. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bebandem dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Bebandem tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 25 orang. Data yang dikumpulkan, yaitu: (1) data aktivitas belajar siswa, dikumpulkan dengan metode observasi dan (2) data prestasi belajar siswa, dikumpulkan dengan metode tes berupa tes objektif dan tes uraian.Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif.

Penelitian ini dilaksanakan sampai dua siklus. Hasil analisis data disajikan sebagai berikut: rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut sebesar: “12,6” dan “14,46” dengan kategori berturut-turut adalah xvi cukup aktif dan aktif. Rata-rata nilai prestasi belajar siswa (X ), daya serap (DS), dan ketuntasan belajar (KB) pada siklus I dan siklus II bertutut- turut sebesar: “73,4”, “73,4%”, dan “72%” dan “77,24”, “77,24%”, dan 88%”. Persentase peningkatan rata-rata nilai prestasi belajar siswa (X ), daya serap (DS), dan ketuntasan belajar (KB) dari siklus I ke siklus II berturut-turut sebesar: “5,23%”, “5,23%”, dan “22,22%”.

Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Bebandem tahun pelajaran 2013/2014. Sehingga disarankan kepada guru matematika di SMP Negeri 2 Bebandem untuk menerapkan pendekatan pembelajaran kooperati tipe STAD berbantuan alat peraga sebagai alternatif pembelajaran matematika, dan kepada pihak yang bertugas menyusun dan mengembangkan kurikulum mata pelajaran matematika, agar memasukkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan alat peraga sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan belajar mengajar matematika karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Download PDF