News Update

Unmas Denpasar Terapkan SIAK dan SIAKAD “Online”

Posted at June 18, 2013 | By : | Categories : News Update | 0 Comment

18 Juni 2013 | BP

UNIVERSITAS Mahasaraswati (Unmas) Denpasar terus meningkatkan pelayanan kepada mahasiswanya. Salah satu terobosan yang dilakukan yakni menerapkan Sistem Informasi Administrasi Keuangan (SIAK) dan Sistem Informasi Administrasi Akademik (SIAKAD) secara online.

Uji coba sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Untuk itu Senin (17/6) kemarin para dekan dan dosen di lingkungan Unmas Denpasar diberi pelatihan soal pengunaan Sistem Informasi Administrasi Keuangan (SIAK) dan SIAKAD. Pelatihan dibuka Rektor Unmas diwakili WR I Unmas, Dr. A.A. Putu Gede Agung.

Pelatihan diikuti semua dosen di Unmas selama dua hari. Menurut Ketua Panitia IB Surya Prabawa Manuaba, S.H., sistem baru ini bisa diakses oleh mahasiswa, dosen bahkan orangtua mahasiswa. Dengan demikian semua informasi yang masuk di sistem ini bersifat terbuka.

Ia mengatakan kemajuan TI memacu Unmas Denpasar untuk mampu memberikan pelayanan cepat dan profesional sesuai perkembangan global. Apalagi sistem ini didukung sarana dan prasarana yang memadai menjadikan sistem ini bagian dari keunggulan Unmas Denpasar.

Untuk menjalankan sistem ini para dosen harus mampu menginput dan mengolah serta mengambil data di SIAK dan SIAKAD. Selama ini, kata dia, baru dilatih satu operator di tiap fakultas. Dengan SDM yang terbatas itu tak mungkin menjalankan sistem ini secara terintegrated. Makanya kini semua dosen diwajibkan memiliki kemampuan di dua bidang ini.

Ditanya soal ketangguhan sistem ini, dia mengakui sudah di-backing oleh database dan data simpanan. Dengan demikian tak sampai ada kehilangan data. Bahkan data ini bisa diakses di Unmas Gianyar. Makanya mantan Ketua BEM Unmas ini mengatakan melalui pelatihan SIAK dan SIAKAD, Unmas meningkatkan pelayanan keuangan dan akademik bagi mahasiswa Unmas.

Pelatihan juga dihadiri WR II Ir. Nengah Subagia, M.T, WR III, I Made Suryawan, S.H., M.H., dan WR IV. Dr. Ni Nyoman Utari Fipriyanthi.

Wakil Rektor I Unmas Dr. A.A. Putu Agung menilai SIAK dan SIAKAD ini merupakan salah satu bentuk transparasi keuangan internal di Unmas dan bentuk pertanggungjawaban Unmas kepada masyarakat. Sebab, transparansi ini juga menyangkut sistem nilai akademik bagi mahasiswa.

Agung Putu Agung menegaskan sistem ini merupakan kemajuan badi Unmas karena selama ini Unmas menggunakan sistem akademik secara manual. Nilai disahkan dosen dengan diinput oleh karyawan. Jelas sistem lama banyak ditemukan hambatan.

Dengan SIAKAD, kata Putu Agung, nilai dosen bisa secara cepat diketahui mahasiswa. Di samping itu adanya keterbukaan dan transparansi. WR IV, Dr. Utari Fipriyanthi menambahkan sistem ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Unmas yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan sistem jejaring one mereka bisa mengetahui nilainya di daerah tanpa harus ke Bali.